Membuat Animasi Sederhana Menggunakan DAZ Studio


 

Membuat Animasi Sederhana dengan DAZ Studio

DAZ Studio
Daz studio merupakan software untuk pembuat animasi yang dikembangkan oleh DAZ 3D. kelebihan software ini bukan hanya fiturnya yang lengkap. tetapi juga gratis.
Berikut ini adalah langkah-langkah membuat animasi sederhana menggunakan DAZ Studio Versi 4.10.0.123 Pro Edition



  • Dalam DAZ Studio kita dapat memodifikasi Objek yang sudah ada / membuat objek sendiri , dalam contoh ini , kita akan menggunakan contoh objek yang sudah ada.
  • Pada gambar diatas , adalah contoh objek yang tersedia secara gratis oleh DAZ Studio , untuk proses import tinggal double click pada objek yang diinginkan
  •  Setelah selesai melakukan proses import objek , langkah selanjutnya adalah memasukan aksi yang akan dilakukan objek , DAZ Studio juga telah menyediakan preset seperti berjalan / menari / bertarung. Langkah yang harus dilakukan adalah DRAG & DROP aksi yang akan dilakukan ke Objek



  • Pada bagian aniMate 2 telah terdapat animasi walking yang apabila menekan tombol play , maka objek akan melakukan animasi berjalan selama rentang waktu yang ditentukan , untuk membuat objek melakukan hal lain seperti mengedipkan mata , pindah ke tab “Timeline” yang berada di sebelah “aniMate 2”.
  • Selain menggunakan preset animation yang sudah ada kita juga dapat membuat animasi / pergerakan disini , sebagai contoh disini adalah menggerakan kepala ke kiri dan kekanan(sebelum itu , untuk objek dibawah juga menggunakan preset pose) , langkahnya adalah , klik head pada objek lalu di dalam animate , lakukan pergerakan disetiap detik (DAZ Studio akan secara otomatis membuat keyframe dari aksi yang dibuat)


  • Gambar diatas adalah keyframe untuk menggerakan kepala ke kiri dan kekanan yang dimana dalam 1 detik pertama kepala akan bergerak kearah kiri dan 1 detik berikutnya kepala akan bergerak kearah kanan.


  • Jika kembali ke dalam tab aniMate , kita juga dapat melakukan save animasi yang telah dibuat yaitu dengan cara klik kanan dan “create aniBlock from studio keyframe”

  •   Setelah selesai membuat animasi , kita dapat melakukan proses rendering (ke tab rendering) , pilih resolusi yang diinginkan , ganti Render tipe menjadi movie dan klik button “RENDER”








Komentar

Postingan Populer