Strategi Membangun Bisnis Online

Pada zaman sekarang ini , yang dimana teknologi berkembang pesat, sebagai contoh dapat dilihat dari perkembangan gadget dan aplikasi digital yang digunakan.
Teknologi sekarang ini dapat dikatakan "tidak terpisahkan" dari bagian keseharian masyarakat.Baik sekedar membaca berita, berbelanja, maupun melakukan investasi semua sudah dapat dilakukan melalui gadget.

Hal ini tentunya memunculkan keuntungan tersendiri bagi setiap pemilik bisnis.Terkait dengan hal ini, maka membuat sebuah bisnis untuk menjadi lebih digital adalah sebuah keharusan. Lalu bagaimana cara melakukannya?
Berikut adalah tips untuk membuat bisnis online dalam era digital :
  1. Tentukan Tujuan

Hal pertama kali yang harus dipikirkan adalah "Tentukan Tujuanmu" , mengapa ingin membuat bisnis through digital ? apa tujuannya ? 
Menentukan tujuan akan membantu dalam menentukan strategi / pattern digital seperti apa yang akan digunakan.
“The biggest mistake new users make with Contactually is thinking they have to run a marathon, instead of starting with just a lap."

2. Membangun "Brand Awareness"


 Brand awareness adalah kemampuan konsumen dalam mengenali atau mengingat sebuah merek, termasuk nama, gambar, logo, dan juga slogan-slogan tertentu yang pernah digunakan oleh brand tersebut dalam mempromosikan produk-produk mereka. Kemampuan konsumen untuk mengenal dan mengingat brand berperan besar dalam keputusan seseorang untuk membeli barang.

Mengapa Brand Awareness Penting?

Brand awareness sangat penting bagi bisnis apapun karena tidak hanya mengundang konsumen untuk membeli dari bisnis anda untuk pertama kalinya, brand awareness juga membuat konsumen untuk terus membeli dari bisnis Anda. Orang-orang akan lebih mungkin membeli barang atau memakai jasa dari nama yang mereka percaya dan mudah dikenali, misalnya dari logo dan tagline bisnis anda, brand Anda adalah hal pertama yang akan muncul di pikiran konsumen ketika mereka akan membeli sesuatu. Selain itu, jika mereka puas dengan brand Anda, kemungkinan besar mereka akan memberi tahu orang lain mengenai brand Anda yang tentu saja akan sangat membantu brand Anda.

3. Menggunakan Kekuatan "Social Media"


Media Sosial Menurut Philip Kotler dan Kevin Keller adalah sarana bagi konsumen untuk berbagai informasi teks, gambar, video, dan audio dengan satu sama lain dan dengan perusahaan dan sebaliknya. Media sosial adalah sebuah media online dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum, dan dunia virtual. Media sosial sendiri dapat memiliki fungsi yang positif atau negatif, tergantung dari penggunaannya.

Media sosial merupakan bagian dari internet yang memiliki fungsi salah satunya sebagai media yang digunakan untuk mempromosikan produk . Media sosial digunakan sebagai alat promosi karena memiliki respon secara langsung dengan penggunanya. Dewasa ini sudah mulai banyak bermunculan akun di media sosial yang digunakan untuk memasarkan produk secara lebih luas.

Periklanan digital mulai menjadi tren di era internet. Para pemilik merek mulai menjadikan media digital sebagai media promosi dan pemasaran yang baru. Pada dasarnya media sosial telah mengubah bagaimana konsumen berinteraksi dan bagaimana perusahaan memasarkan produk. Adanya situs jejaring sosial menjadi peluang usaha yang baik untuk memasarkan atau mempromosikan produk yang akan dijual.

4.Memahami "Search Engine Optimization" (SEO)


Apa itu SEO? Pertanyaan itu sering diajukan oleh orang-orang yang baru mulai membuat website atau blog. Alasannya, dengan menerapkan sejumlah langkah optimasi SEO, website atau blog lebih mudah mendapatkan ranking tinggi di hasil pencarian Google. 

Mesin pencari menggunakan algoritma tertentu untuk menentukan konten mana yang layak menempati ranking teratas hasil pencarian. Ini berlaku untuk semua mesin pencari baik itu Google, Yahoo!, Bing, maupun Duckduckgo.

Maka dari itu, sangat penting untuk memahami dan mampu belajar lebih dalam mengenai SEO. Mulailah dengan belajar menulis konten yang SEO friendly, kemudian mencoba berinvestasi untuk membuat iklan di google menggunakan googleads.

5.Analisa Strategi Digital yang Telah Digunakan


Semua yang telah dilakukan untuk membuat bisnis menjadi lebih digital akan tidak berarti tanpa adanya evaluasi. Periksalah kembali apakah setiap konten yang telah di posting telah tepat dan mendapat respond yang positif dari target pasar yang dituju? Apakah iklan yang telah dibuat berjalan dengan efektif?

Apakah ada pertumbuhan di setiap platform online yang dibuat, baik dinilai dari segi pengunjung, pengikut, maupun likers yang terdapat pada akun bisnis? Untuk melakukan analisa, ada beberapa online platform yang juga dapat digunakan secara gratis maupun berbayar, seperti: fanpage Karma, Hootsuite, dan yang lainnya.

Jika telah mengetahui hasil evaluasi dari usaha mendigitalisasi bisnis online, kemudian proses pengembangan dapat mulai dilakukan pada konten-konten berikutnya untuk menciptakan hasil yang lebih maksimal.

Jika proses digitalisasi bisnis dilakukan secara konsisten dalam jangka panjang, a sudah pasti bahwa hal ini akan menghemat banyak uang dan waktu bagi sebuah bisnis kedepannya.

Namun yang perlu diingat, tentunya proses digitalisasi bisnis adalah sebuah proses yang perlu kesabaran dan konsistensi sehingga diperlukan proses membangun dan usaha yang lebih saat diawal.

Sumber :
  • https://www.dewaweb.com/blog/brand-awareness/
  • https://koinworks.com/blog/membuat-bisnis-online-digital-teknologi/
  • https://support.contactually.com/hc/en-us/articles/360021864792-Week-1-Choose-Your-Goal
  • https://www.copyblogger.com/smart-people-social-media/
  • https://www.forbes.com/sites/forbescommunicationscouncil/2018/05/11/how-social-media-can-move-your-business-forward/#583f9b284cf2
  • https://www.kompasiana.com/putrynadiasafira3957/5b4df89f6ddcae2eb669c112/media-sosial-sebagai-media-promosi-baru-dalam-usaha-kuliner?page=all
  • https://www.niagahoster.co.id/blog/apa-itu-seo/
  • https://dailysocial.id/post/strategi-pemasaran-digital-untuk-startup-dan-penerapannya

Komentar

Postingan Populer