Pengenalan Desain Grafis & Animasi
Desain Grafis adalah Merancang/Mendesain Sebuah
Gambar yang saat ini istilah desain grafis selalu identik dengan penggunaan
komputer sebagai alat yang digunakan untuk mendesain.
Karya seni yang bagus adalah yang berisi muatan
positif, yakni yang bermanfaat bagi banyak orang, bukan yang merugikan orang
lain.
Definisi Animasi
Animasi adalah gambar begerak berbentuk dari
sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan
yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi.
Gambar atau objek yang dimaksud dalam definisi di atas bisa berupa gambar
manusia, hewan, maupun tulisan. Pada proses pembuatannyam sang pembuat animasi
atau yang lebih dikenal dengan animator harus menggunakan logika berfikir untuk
menentukan alur gerak suatu objek dari keadaan awal hingga keadaan akhir objek
tersebut. Perencanaan yang matang dalam perumusan alur gerak berdasarkan logika
yang tepat akan menghasilkan animasi yang menarik untuk disaksikan.
1. Animasi Sel (Cell Animation)
Kata "cell" berasal dari kata
"celluloid", yang merupakan material yang digunakan untuk membuat
film gambar bergerak pada saat awal. Sekarang, material film dibuat dari asetat
(acetate), bukan celluloid. Potongan animasi dibuat pada sebuah potongan asetat
atau sel (cell). Sel animasi biasanya merupakan lembaran-lembaran yang
membentuk sebuah frame animasi tunggal. Sel animasi merupakan sel yang terpisah
dari lembaran latar belakang dan sebuah sel untuk masing-masing obyek yang
bergerak secara mandiri di atas latar belakang. Lembaran-lembaran ini
memungkinkan animator untuk memisahkan dan menggambar kembali bagian-bagian
gambar yang berubah antara frame yang berurutan. Sebuah frame terdiri dari sel latar
belakang dan sel di atasnya. Misalnya seorang animator ingin membuat karakter
yang berjalan, pertama-tama dia menggambar lembaran latar belakang, kemudian
membuat karakter akan berjalan pada lembaran berikutnya, selanjutnya membuat
membuat karakter ketika kaki diangkat dan akhirnya membuat karakter kaki
dilangkahkan. Di antara lembaran-lembaran (frame-frame) dapat disipi efek
animasi agar karakter berjalan itu mulus. Frame-frame yang digunakan untuk
menyisipi celah-celah tersebut disebut keyframe. Selain dengan keyframe proses
dan terminology animasi sel dengan layering dan tweening dapat dibuat dengan
animasi computer.
2. Animasi Frame (Bingkai Animasi)
Animasi bingkai adalah bentuk animasi Yang Sederhana memucat. Diupamakan
Andari mempunyai sebuah Buku bergambar Yang Berseri di Tepi Auditan berurutan.
Bila jempol Andari membuka Buku Artikel Baru CEPAT, Maka GAMBAR kelihatan
Bergerak. PADA Komputer multimedia, animasi Buku nihil menampilkan sebuah
GAMBAR Yang berurutan secara CEPAT. Antara GAMBAR Satu (frame satu) Artikel
Baru GAMBAR lain (bingkai Lain) berbeda. Kalau kitd bayangkan bagaimana Film
ATB ITU diputar di Bioskop, Maka dapat kitd pahami bagaimana Cara Koperasi
Karyawan Bhakti Samudera frame animasi secara lebih BAIK Dalam, sebuah film,
serangkaian bingkai Bergerak melalui proyektor Film Artikel Baru kecepatan
sekitar 24 frame per Detik. Kita Bisa menangkap adanya Gerak di Layar karena
setiap bingkai mengandung Satu GAMBAR Yang tampil PADA Layar begitu bingkai
Yang bersangkutan Muncul. Mengapa 24 frame per Detik? Karena kecepatan ITU
merupakan Ambang Batas, kurang bahasa Dari ITU Maka Yang Akan kitd lihat di
Layar adalah GAMBAR Yang Kabur.
3.Animasi Sprite (Sprite Animasi)
Animasi sprite serupa Artikel Baru Teknik animasi ATB, yaitu obyek Yang diletakkan
Dan dianimasikan PADA bagian Puncak Grafik Artikel Baru latar Belakang diam.
Sprite adalah setiap bagian bahasa Dari animasi Andari Yang Bergerak secara
mandiri, misalnya Burung Bagus terbang, planert berotasi, bola memantul-mantul
atau berputar logo. Sprite beranimasi Dan Bergerak sebagai obyek Yang mandiri.
Dalam, animasi sprite, sebuah GAMBAR Tunggal atau berurutan dapat
ditempelkan Dalam, sprite. Sprite dapat dianimasikan Dalam, Satu klien untuk
membuka posisi, seperti halnya planet berputar atau Burung Bergerak Sepanjang
Garis lurus. Animasi sprite berbeda Artikel Baru animasi frame, Illustrasi
Urutan masing-masing frame, Andari hanya dapat memperbaiki bahasa Dari Layar
Yang mengandung sprite. Andari tidak dapat memperbaiki bagian Dalam, Yang ditampilkan
Layar untuk masing-masing bingkai, seperti Yang dapat Andari kerjakan PADA
animasi frame.
4. Animasi Path ( Path Animasi)
Animasi path adalah animasi dari objek yang gerakannya mengikuti garis
lintasan yang sudah ditentukan. Contoh animasi jenis ini adalah animasi kereta
api yang bergerak mengikuti lintasan rel. Biasanya dalam animasi path diberi
perulangan animasi, sehingga animasi terus berulang hingga mencapai kondisi
tertentu. Dalam Macromedia Flash, animasi jenis ini didapatkan dengan teknik
animasi path, teknik ini menggunakan layer tersendiri yang didefinisikan
sebagai lintasan gerakan objek.
5. Animasi Spline ( Spline Animasi )
Spline adalah representasi matematis dari kurva. Bila obyek bergerak,
biasanya tidak mengikuti garis lurus, misalnya berbentuk kurva. Program animasi
computer memungkinkan Anda untuk membuat animasi spline dengan lintasan gerakan
berbentuk kurva. Untuk mendefinisikan animasi spline, posisi pertama Anda pada
sebuah titik pijak. Kurva itu sendiri melewati titik pijak. Titik pijak
mendefinisikan awal dan akhir titik dari bagian kurva yang berbeda.
Masing-masing titik pijak dapat dikendalikan sehingga memungkinkan Anda untuk
mengubah bentuk kurva antara dua titik pijak.
Sebagian besar program animasi memungkinkan Anda untuk membuat variasi
gerakan sepanjang lintasan. Jika sebuah lintasan gerakan mempunyai belokan
tajam, sebagai contoh sebuah obyek bergerak pelan mengikuti belokan dan
kemudian meningkatkan kecepatannya setelah melewati belokan. Beberapa program
menyediakan pengontrol kecepatan sprite sepanjang lintasan secara canggih.
6. Animasi Vektor (Vector Animasi)
Animasi vektor serupa Artikel Baru animasi sprite. PADA animasi sprite
menggunakan bitmap untuk sprite, animasi vektor menggunakan rumus Matematika
untuk menggambarkan sprite. Rumus inisial serupa Artikel Baru Yang rumus
menggambarkan kurva spline. Animasi vektor menjadikan objek Bergerak Artikel
Baru SIBOR memvariasikan parameter Ujung-Pangkal, arah Dan Panjang PADA
segmen-segmen Garis Yang menentukan objek. Macromedia adalah industri terdepan
Dalam, perangkat lunak animasi berbasis vektor. Perangkat lunak flash Yang
dikembangkan Macromedia menggunakan vektor grafis untuk membuat animasi
interaktif Serta grafis untuk digunakan di web. Macromedia telah menerbitkan
format file Flash (. Swf) sebagai sebuah standar Terbuka.Untuk INFORMASI lebih
JAUH, ikuti Link situs web Macromedia Flash, di mana ANDA Bisa mengunjungi
sebuah galeri halaman Web Yang berisi animasi Flash Dan mendownload flash
gratis selama periode 30 Hari Percobaan terpisah.
7. Animasi Clay ( Clay Animasi )
Animasi ini sering disebut juga animasi doll (boneka). Animasi ini dibuat
menggunakan boneka-boneka tanah liat atau material lain yang digerakkan
perlahan-lahan, kemudian setiap gerakan boneka-boneka tersebut difoto secara
beruntun, setelah proses pemotretan selesai, rangkaian foto dijalankan dalam
kecepatan tertentu sehingga dihasilkan gerakan animasi yang unik. Contoh
penerapan animasi ini adalah pada film Chicken Run dari Dream Work Pictures. Teknik
animasi inilah yang menjadi cikal bakal animasi 3 Dimensi yang pembuatannya
menggunakan alat bantu komputer.
8. Animasi Karakter (Character Animation)
Animasi karakter merupakan sebuah cabang khusus animasi. Animasi karakter
semacam yang Anda lihat dalam film kartun. Animasi ni berbeda dengan animasi
lainnya, misalnya grafik bergerak animasi logo yang melibatkan bentuk organic
yang komplek dengan penggandan yang banyak, gerakan yang herarkis. Tidak hanya
mulut, mata, muka dan tangan yang bergerak tetapi semua gerakan pada waktu yang
sama.
Meskipun untuk membuat animasi tunggal dan bitmap mudah, tetapi untuk
membuat animasi karakter yang hidup dan meyakinkan merupakan sebuah seni yang
membutuhkan pertimbangan khusus dalam pengerjaanya. Teknik ini juga dapat
diterapkan terhadap animasi obyek. Perankgat lunak yang dapat dipakai untuk
animasi karakter, antara lain Maya Unlimited. Film kartun Toy Story dan Monster
Inc dibuat dengan Maya Unlimited.
9. Prinsip Animasi
Modal utama seorang animator adalah kemampuan meng-capture momentum ke
dalam runtutan gambar sehingga seolah-olah menjadi bergerak atau hidup. Sedikit
berbeda dengan komikus, ilustrator, atau -katakanlah- karikaturis yang
menangkap suatu momentum ke dalam sebuah gambar diam (still). Animator harus
lebih memiliki 'kepekaan gerak' daripada 'hanya' sekedar kemampuan menggambar.
Gambar yang bagus akan percuma tanpa didukung kemampuan meng-'hidup'-kan.
Sebagaimana definisi dasar animasi yang berarti: membuat seolah-olah menjadi
hidup.
Ada berbagai macam teori dan pendapat tentang bagaimana seharusnya animasi
itu dibuat. Tetapi setidaknya ada 12 prinsip yang harus dipenuhi untuk membuat
sebuah animasi yang 'hidup'. Ke-12 prinsip ini meliputi dasar-dasar gerak,
pengaturan waktu, peng-kaya-an visual, sekaligus teknis pembuatan sebuah
animasi.
Definisi Dari Pixel , Resolusi , Garis
Definisi Pixel
Pixel adalah bagian terkecil pada suatu gambar digital. Monitor menampilkan
gambar dengan membagi-bagi layar menjadi ribuan (bahkan jutaan) pixel-pixel,
tersusun pada banyak baris dan kolom. Pixel-pixel ini sangat dekat satu sama
lain sehingga tampak seperti terhubung satu sama lain.
Jumlah bit yang digunakan untuk mewakili tiap pixel menentukan berapa
banyak warna yang dapat ditampilkan pixel tersebut, ini biasa disebut sebagai
color depth. Contohnya, jika monitor menggunakan 8 bit untuk tiap pixel, maka
tiap pixel mampu menampilkan 256 warna berbeda (2 pangkat 8).
Pada monitor, setiap pixel sebenarnya terdiri atas 3 titik, yakni 1 titik
merah, 1 titik biru, dan 1 titik hijau. Gabungan dari tiga titik tersebut
menampilkan warna yang diinginkan.
Kualitas layar biasanya bergantung pada resolusi (jumlah pixel yang bisa
ditampilkan), serta berapa banyak bit yang mewakili tiap pixel. Layar VGA dapat
menampilkan 300 ribu pixel (640x480), layar SVGA dapat menampilkan 480 ribu
pixel (800x600), dan seterusnya. Sistem True Color menggunakan 24 bit pada tiap
pixel, sehingga dapat menampilkan lebih dari 16 juta warna berbeda, akan tetapi
saat ini kebanyakan layar menggunakan 8 bit pada tiap pixel.
Ketajaman suatu gambar dapat dilihat dari kerapatan pixel-pixel, atau biasa
disebut sebagai dpi (dots per inch) atau ppi (pixel per inch). Dalam hal ini
dot (titik) dimaksudkan sebagai pixel, jadi keduanya memiliki arti yang sama.
Dots per inch dapat ditentukan dari ukuran layar dan resolusi yang dimiliki.
Pada ukuran layar yang sama, semakin besar resolusi maka semakin besar pula
dpi/ppi. Sedangkan pada resolusi yang sama, semakin besar ukuran layar maka
semakin kecil dpi/ppi. Sebaliknya semakin kecil ukuran layar maka semakin besar
dpi/ppi.
Definisi Resolusi
Resolusi adalah istilah yang digunakan untuk menyatakan jumlah titik atau
pixel yang digunakan untuk menampilkan suatu gambar. Resolusi yang semakin
tinggi berarti semakin banyak pixel yang digunakan untuk menyusun suatu gambar,
sehingga gambar dapat menjadi lebih jelas dan tajam.
Pixel adalah bagian terkecil dari gambar yang ditampilkan oleh
perangkat-perangkat seperti monitor, televisi, dan proyektor. Pixel memiliki
bentuk persegi. Istilah pixel sendiri merupakan singkatan dari "Picture
Element". Barisan pixel-pixel yang sangat kecil menyusun gambar yang
akhirnya bisa kita lihat pada layar.
Resolusi biasa ditulis dengan format "(banyak pixel secara
horizontal)×(banyak pixel secara vertikal)". Contohnya resolusi 1920×1080
berarti digunakan pixel sebanyak 2073600 untuk menampilkan gambar, dengan 1920
pixel sebaris secara horizontal dan 1080 pixel sebaris secara vertikal.
Selain dipengaruhi oleh resolusi, tentunya ketajaman suatu gambar juga
dipengaruhi oleh ukuran gambar yang ditampilkan. Untuk layar dengan resolusi
yang sama, gambar pada layar yang lebih kecil tentunya akan terlihat lebih
tajam dibandingkan dengan gambar pada layar yang lebih besar, sebab pixel-pixel
menjadi lebih rapat pada layar yang lebih kecil. Selain itu jarak dari mata
kita ke gambar juga tentunya mempengaruhi ketajaman gambar, karena semakin
dekat maka gambar akan terlihat lebih besar, sebaliknya semakin jauh maka
gambar akan terlihat lebih kecil.
Beberapa resolusi-resolusi yang biasa dikenal saat ini, antara lain:
- 720x480 : DVD, D-VHS, miniDV, Digital8
- 1280x720 : Blu-ray, HD DVD
- 1440x1080 : HDV
- 1920x1080 : HDV, HD DVD, Blu-ray, AVCHD, HDCAM SR
- 1998x1080 : 2K Flat
- 2048x1080 : 2K Digital Cinema
- 4096x2060 : 4K Digital Cinema
- 7680x4320 : UHDTV
- 15360x8640 : 16K Digital Cinema
Definisi Garis & Kurva
Garis adalah komponen pembentuk bangun datar dan
bangun ruang. dalam matematika, garis dilambangkan dengan (). Garis selalu
digambarkan sebagai garis lurus yang kedua ujungnya memiliki anak panah.
Kurva adalah garis dan ruas garis yang membentuk
kurva – kurva sederhana. Kurva dapat digambarkan dengan bermacam – macam
bentuk, bentuknya bisa teratur bisa juga tidak teratur. Dikenal 4 macam kurva
yaitu :
Ø
Kurva
tertutup sederhana
Ø
Kurva tidak
tertutup sederhana
Ø
Kurva
tertutup tidak sederhana
Ø
Kurva tidak
tertutup tidak sederhana
Software Untuk Membuat Desain Grafis
& Animasi
- Macromedia freehand
- Photoshop
- Page Maker
- Corel Draw
Software Animasi
- AnimatorDV
- Aurora 3d Animation Maker
- Stykz
- Pivot StickFigure Animator
- Blender
- 3ds max
- Iclone
- Maya
- MotionBuilder
- CINEMA 4D
- DAZ Studio
- LightWave 3D
Daftar Pustaka
v http://www.reyarifin.com/2012/07/pengertian-desain-grafis.html
v http://septiandekky.blog.widyatama.ac.id/2014/06/13/pengertian-dan-jenis-jenis-animasi/
v http://www.jendelasarjana.com/2014/05/pengertian-resolusi-gambar.html
v http://abdulpgsdunsri.blogspot.com/2009/11/pengertian-titik-garis-sudut-dan-kurva.html
v http://fadliiblaze.blogspot.com/2013/07/pengertian-hue-dalam-sifat-warna.html
v http://www.menggaliilmu.com/2015/09/macam-macam-software-desain-grafis-dan.html
v http://www.xfoost.com/2015/07/12-software-untuk-membuat-animasi/1136/
LiveScore 2021 - Konicasino 카지노사이트 카지노사이트 온라인카지노 온라인카지노 카지노 카지노 8934Situs Judi Slot Online | Play & Bonus | VieCasino
BalasHapus