Memanfaatkan media sosial untuk mengembangkan bisnis UMKM


             Gambaran dari penggunaan media sosial yang terdapat di Indonesia

Media Sosial Sebagai Ajang Promosi

Media sosial merupakan media secara online yang bisa digunakan siapapun, kapanpun dan dimanapun Anda berada. Selama fasilitas mendukung maka media sosial bisa dicapai. Faktanya semua orang di dunia untuk zaman sekarang, tidak bisa terlepas dari yang namanya media sosial. Semua orang menggunakan media sosial untuk berbagai kepentingan baik untuk bekerja, bercengkrama dengan keluarga atau teman, bertemu teman lama dan reuni bahkan untuk berbisnis.
Sebagai media yang bisa diakses oleh banyak orang, pebisnis memanfaatkan hal ini untuk membuat sebuah strategi promosi atau strategi untuk bisnis yang bisa dikatakan gratis tanpa dipungut biaya. Hal yang dibutuhkan hanya biaya fasilitas dan sdm yang bekerja saja. Namun sisanya ? tentu saja gratis dan tidak perlu izin apapun. 

Cara Menggunakannya

Mungkin bagi para bisnis pemula tentu masih bingung bagaimana menggunakan media sosial untuk promosi bisnis. Padahal caranya sangatlah mudah dan tentu saja semua orang bisa melakukannya.
1.    Anda tinggal memilih media sosial jenis apa yang ingin digunakan, dari sekian banyak media sosial ada yang bersifat "public" atau umum sehingga bisa dilihat dan digunakan siapapun. Ada yang bersifat privasi.
2.    Selanjutnya pilih produk yang ingin dipromosikan, atau misalnya ingin seluruh perusahaan yang Anda promosikan maka siapkan bahan promosi seperti produk unggulan, keunggulan usaha, harga, persaingan, kelebihan dan hal lain yang dianggap membanggakan usaha.
3.    Jika sudah pilihlah satu atau dua orang yang ahli dibidang IT atau telekomunikasi di media sosial. Anda bisa memilih karyawan atau jika Anda ahli maka bisa melakukannya sendiri. Setelah itu buat flow bagaimana usaha Anda mau dipromosikan.
4.    Apabila rencana sudah diketahui dan sudah dibuat, bisa langsung mengerjakannya di media sosial dan juga mempromosikan selayaknya katalog hidup yang bisa diakses dimanapun berada.

Keuntungan Pemasaran Melalui Media Sosial

Zaman sekarang tidak semua orang menggunakan televisi sebagai alat untuk mengetahui berita, namun media sosial terutama ponsel pintar sudah menjadi segalanya untuk bisa mengakses fasilitas lainnya. Salah satu kelebihan ini bisa Anda manfaatkan untuk usaha. Dimana media sosial bisa mempromosikan usaha dan produk lebih luas dan lebih besar lagi. Apalagi adanya jasa ekspedisi atau kurir pengantar barang semakin memudahkan para konsumen untuk membeli barang tanpa harus pusing atau ribet pergi keluar dan membeli barang di toko. Mereka tinggal mengeluarkan uang dan akhirnya sampai ke tempat.
Kelebihan ini juga bisa dimanfaatkan jika di sebuah kota atau daerah tidak terdapat penjual yang menjual produk serupa seperti yang Anda jual. Maka akan menjadi keuntungan tersendiri, karena bisa menjualnya.
Memungkinkan berintraksi langsung dengan pelanggan dan calon pelanggan
Memberikan personal touch kepada pelanggan. Dapat mengenal pelanggan dengan lebih baik.
Meningkatkan engagement dengan pelanggan sehingga dapat meningkatkan kepercayaan dan loyalitas
Dapat menjangkau pasar lebih luas dengan biaya rendah

Kelemahan Pemasaran melalui Media Sosial

Risiko memang mengintai seperti barang tidak sampai atau mengalami kerusakan. Risiko pembelian online dan mempromosikan barang secara online terkadang suka terkendala karena kualitas barang yang tidak bisa ditentukan. Namun selama produk adalah produk aman seperti pakaian, sepatu dan lainnya yang tidak akan rusak ketika dibanting atau perjalanan panjang kenapa harus takut.



Source : 

https://www.cermati.com/artikel/manfaat-sosial-media-untuk-mengembangkan-bisnis-sendiri
https://websindo.com/indonesia-digital-2019-media-sosial/


Komentar

Postingan Populer